Waktunya Gajian Waktunya Godaan

Hayooo pada baru gajian yahhh???

Sudah pada lega nih yang tadi dompetnya sesak napas akhirnya bisa bernafas dengan bebas lagi...(ngomong apaan sih??)....hahahah yang namanya gajian, pasti godaan buat hura - hura nya makin banyak. Saya aja yang financial advisor masih bisa tergoda hahaha...anyway ada tips n trick nya supaya pada saat gajian kita ngga kalap  untuk ngabisin duit



1. Bayar zakat/perpuluhan
untuk muslim : 2.5% dari penghasilan harap dizakatkan yah, semoga penghasilan kalian semakin mendapat berkah dari Allah SWT...Amien :)

2. Bayar hutang bagi yang punya utang terutama hutang konsumtif!!!
Ayo bayar lunas kartu kreditnya..jgn cuma bayar minimum payment ajah...lama2 numpuk semakin byk loh utangnya...


3. Bayar premi asuransi .
Untuk yg sudah ada tanggungan beli asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan . Asuransi ya say bukan Asuransi plus embel - embel :p . Single tanpa tanggungan ga usah beli asji...mungkin consider asuransi kesehatan :)


4. Investasi 10 - 15% dari penghasilan (kalau lebih alhamdulillah)
Investasi itu di awal ya sodara - sodara, jangan melakukan pengeluaran yg lain dulu baru berinvestasi...yg ada uangnya habis dan ga ada sisa untuk berinvestasi (boro2 nabung). Supaya lebih disiplin bisa pake cara autodebet. Investasi untuk apa??well bisa invest untuk beli aset spt rumah atau lanjutin kuliah S2 atau invest untuk dana pernikahan :p

Catatan : Bagi yang belum punya dana darurat, buat dulu ya baru berinvestasi ...single tanpa tanggungan quota : 3 bulan pengeluaran, ada 1 tanggungan 6 bulan, 2 ke atas berarti 9 bulan - 12 bulan pengeluaran keatas.


5. Siapkan dana untuk pengeluaran rutin
pengeluaran rutin seperti makanan,listrik,air, telp, internet dll

6. Sisanya baru deh buat pengeluaran non - rutin :)

Pasti ada yg mikir "makan aja susah gimana mau ngejalanin yg lain" ---> kalau mind set nya sudah gini bakalan susah deh mencapai tujuan2 lainnya...coba sekarang take a piece of paper and a pen...tulis deh pengeluaran2 kalian selama ini...ada ga pengeluaran2 yang ternyata ga perlu2 bgt tp diperlu2in...bisa ga pengeluaran itu di switch untuk ditabung/diinvest. Inget Rp.100,000.- sudah bisa invest di reksadana lowh..!Rp.100.000,- bisa dgn mudah abis kalau kita ngafe plus nonton dan beli cemilan..ya kan??

Jadi kita ga bsa seneng2 donk??siapa bilang gw ga suruh kalian jadi pelit untuk diri sendiri....hemat dan pelit are two different things...misalnya kalian skrg demennya nonton during weekend, padahal kalo during weekdays kan lebih murah...sama2 nonton toh :) ...atau biasanya skrg ngopi2nya di tempat2 mahal kya *buck or C***** B*** mungkin bisa consider ngopi2 di tempat kopi punya indonesia yang ga kalah asik dan enaknya :)

Ada yg gajinya gede tp ga ada tabungan tp ada yg gaji nya biasa aja tp punya tabungan...nah loh??
kalau memang mepet bgt penghasilannya kalian bisa coba cari penghasilan baru /sampingan spt yg pernah di bahas di blog ini :)

So no reasons to not have a saving or an investment :)


1 comment:

  1. So no reasons to not have a saving or an investment :)

    Video Bokep Indo | Nonton Film Bokep Gratis
    Nonton Online Video Bokep Streaming
    Nonton film bokep streaming terbaru di bokepindohot.pw dimana bisa mencari video bokep abg, film bokep smu, film bokep abg cantik, film cewe seksi, abg montok, bokep indo, bokep online, bokep smp, video bokep jilbab.
    Siskaeee Paling Seksi
    Siskaeee akun real tidak ada yang lain.
    www.siskaeeepalingseksi.blogspot.com
    #siskaeee

    ReplyDelete

 
BLOG DESIGN: 188* DESIGN STUDIO © 2010