Pensiun Early or Pensiun Nyaman? Siapa sih yang ngga mau

Hei girls/women hehe, 

Hari ini gw mau ngebahas mengenai dana pensiun!!wadoh, kan masih lama Din?ngapain dipikirin...nah, tau ga lo menurut hasil survey yang telah dilakukan, 80% executive muda di Indonesia ngga bisa pensiun dengan nyaman (untuk yang bekerja dengan orang lain), dan untuk yang memiliki usaha sendiri, mereka ga bisa mengurangi masa produktivitas/berhenti kerja lantaran selama ini uang nya cuma keluar masuk dan ga pernah disisihkan untuk dana pensiun! ya mau ga mau harus terus - terusan kerja untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari..Horror banget ga sih???mana ntr pada saat kita pensiun, semua nya akan serba mahal lagi (read: inflasi).

Trus mulai kapan donk kita harus mempersiapkan dana pensiun??as soon as kita sudah dapat penghasilan, kita harus menyisihkan sebagian penghasilan kita untuk dana pensiun. Jangan mikir 20 - 25 tahun itu masih lama loh...lebih muda usia kamu lebih baik karena jangka investasi nya masih lama bgt...kalau yang sudah terlanjur ga punya dana pensiun, ya harus cepet2 di bentuk..jangan pengeluaran yang untuk hal ngga penting bisa, tpi nyisihin untuk kesenangan di kemudian hari ngga mau... You Cannot Buy Time yang sudah lewat!!

Mari kita mulai bermimpi...kira - kira nanti pensiun gw pengen ngapain yah??ada beberapa orang yang bilang pengen pindah keluar negri pada saat pensiun (Wah kalo kedaerah pantai atau pegunungan atau peternakan kayanya seru yah), ada juga yang ingin menyalurkan hobi mereka yang tertunda gara - gara terlalu sibuk bekerja, ada yang pengen jadi penulis, ada yang pengen travelling ke luar negri, dan ada juga yang pengen melakukan kegiatan amal seperti membangun mesjid, pesantren/ sekolah untuk anak yatim piatu (yang ini investasi akhirat heheeh)

Jelas donk untuk mencapai semua tujuan di atas, kita harus mempersiapkan dari jauh - jauh hari...jangan semua itu hanya mimpi belaka dan ga bisa kesampaian gara - gara sekarang foya - foya dan cuek dengan kehidupan masa depan. 

DINI!!gw dah dapat dana pensiun dari kantor lohh!!ga perlu repot-repot lagi untuk berinvestasi!! hmmmm
hmmm hmmm hmmm pernah nanya ngga, di kantor dana pensiun nya masuk instrumen keuangan apa?terus pernah coba - coba ngitung ngga, kira - kira pada saat pensiun gw butuh berapa?Kalau dana pensiun yang disiapkan per bulannya ntr hanya dapat menutupi 1/4  dari biaya hidup bulanan gimana??

or

Dini, ntar kan gw punya anak, jadi anak gw aja yang kasih gw tambahan duit bulanan...masa ngga mau ngasih untuk ortu sendiri, sekarang aja gw sering kasih orang tua gw...!!errrr ya itu kan sekarang mba/ibu/sis/tante...di jaman yang akan datang, kompetisi dalam bekerja itu semakin susah.  Cari kerja aja sekarang susah, gmn ntr kalau dampak globalisasi nya makin kentara...masa lo mau sih nyusahin anak lo, udah mereka pusing dengan masalah sendiri, masa lo mau ngebebanin mereka juga...ya kalau anak lo pengusaha atau presiden gpp, kalau ngga gimana? hidup juga ngga akan terus di atas toh...Kalau skrg di Indonesia, masih kentara banget sistem traditional nya dimana anak take care of their parents, mungkin kedepannya akan sama dengan negara - negara lainnya (inget dampak globalisasi) dimana orang tua harus memikirkan kehidupan mereka sendiri dan tidak ingin membebankan anak mereka. Kalaupun ada anak yang masih memberi kepada ortu mereka ya bagus tapi jangan mengharapkan yang berlebihan juga. 

Kuncinya tetep sama yaitu Berinvestasi lah mumpung masih produktive. Kalau ada yang ngikutin twitter nya mas @AidilAkbar pasti pernah baca, dengan menyisihkan 255rb per bulan, 25 tahun dari sekarang hasil investasinya adalah Rp.6 milyar!!6 milyar ini belum tentu cukup untuk sebagian orang loh yah, jadi emang harus disesuaikan dengan gaya hidup, penghasilan, pengeluaran dan komposisi2 lainnya (Ribet???haha makanya orang lebih memilih punya financial advisor pribadi hahaha - kok promosi sih gw wkakak)...

Ya udah pembahasannya sampai disitu aja dulu ...anythin else, u can ask me or ask si babeh @AidilAkbar . Untuk pembahasan yang lebih advance bisa request di blog babeh juga yah www.aidilakbar.com hehehe...

Loadsa Love,

Dini

4 comments:

  1. Mbak kalo mau pesen buku nya mas aidil akbar bisa lewat mbak gak???soalnya tadi ke toko buku gak ada bukunya..yg rich game sama MBA.. thanks mba..

    ReplyDelete
  2. bisa mba... email ke saya nama dan no contact mba plus buku yang mau dibeli.
    email : farah.dini@akbarfinancialcheckup.com

    thx mba :)

    ReplyDelete
  3. Gara2 follow FinCheckUp di Twitter, ikutan kopdar AFC, baca blog Mbak Dini, jadi kebuka deh wawasan saya soal dana pensiun. Sesuatu yg saya pikirin selama ini, tapi krg paham solusinya gmn, secara saya bukan pegawai sebuah perusahaan apalagi pegawai negeri, dimana ga ada yg kasih saya dana pensiun [hehehe] mau ga mau, harus saya siapin sendiri..

    ReplyDelete

 
BLOG DESIGN: 188* DESIGN STUDIO © 2010