Education Fund Part II

Continue pembahasan previous post...

Jadi bagaimana sih cara mempersiapkan dana pendidikan anak?

These are the list :

1. Tujuan : Dana Pendidikan Anak sampai dengan S1
(Dari sini hitung lagi jangka waktu untuk menuju masing2 jenjang berapa tahun)

2. Tentukan dimana ingin menyekolahkan anak
Banyak client, pada saat gw interview, bingung karena belum mikirin sejauh itu...jadi biasanya gw kasih gambaran aja, mba/mas dulu sekolahnya dimana...mungkin mau ngikutin jejak bonyoknya..e.g. bonyok di al-azhar so anak2nya bisa di al-azhar lagi atau setara/lebih dr sekolah itu dan tidak kurang.

3. Tentukan apakah anak anda ingin sekolah di dalam/di luar negri or didalam kota or luar kota. 
Kalau diluar dari tempat orang tuanya tinggal, otomatis pertimbangkan juga biaya hidupnya e.g. biaya kost, biaya makanan, biaya transport (transport di kota tersebut dan transport klo mau pulang ke kota asal untuk liburan). Untuk sekolah di luar negri berarti yang juga harus dipersiapkan adalah bimbingan belajar untuk memperlancar bahasa asingnya, plus ikut ujian TOEFL or IELTS, biaya pembuatan paspor, biaya student visa, asuransi kesehatan, dan lain sebagainya.

4.Cari tau biaya saat ini disekolah tersebut berapa (sedetail - detailnya) 

5.Inflasikan biaya nya saat ini, kira2 pada saat anak anda sekolah nanti berapa yang harus di bayar

6. Pilih produk yang sesuai dengan jangka waktu masuk sekolah. 

Kebayangkan pusingnya para advisor AFC yang majority belum menikah dan setiap hari harus melihat dana pendidikan yang guedeee buangeet wkakakaka....Untuk hitungan sekolah di luar negri malah lebih rumit, karena kita juga harus find out inflasi pendidikan di tempat mereka berapa dan sebagainya.


Eitts jangan pusing dulu ya, seperti yang dah gw bilang kalo ga dipersiapkan sama sekali dari sekarang malah nantinya bakal lebih pusing lagi. So berani lah untuk berakit rakit kehulu dulu. Oh ya khusus untuk kuliah, walaupun kalian belum tau nih anaknya ntr pgnnya jurusan apa, tapi bisa di liat dari historical mama papanya ngambil apa dulunya dan bisa dijadikan patokan...or kalau memang tu anak kecil - kecil sudah menunjukan minatnya disuatu bidang, maka minat tersebut juga bisa dijadikan patokan.

Jangan takut bermimpi yang tinggi untuk anak loh, just imagine how proud you're gonna be when they graduate :)

Ok di post sebelumnya, gw sudah mention ttg kopdar dana pendidikan anak, jadi ntr apabila sudah diumumin kapan tepatnya tu kopdar, kalian bisa persiapkan terlebih dahulu pertanyaan - pertanyaan yang ingin ditanyakan dan didiskusikan. I will be there as well with other AFC advisors to help you guys :)

Happy investing :)

Loadsa Love, 

Dini

2 comments:

  1. Kalau sudah tau seberapa gede biaya yang harus disiapin untuk pendidikan anak, trus kita pilih yang mana mbak investasi yang paling tepat? tabungan atau asuransi atau yang lainnya?

    ReplyDelete
  2. Tergantung jangka waktunya...

    1 - 2 tahun sblm sekolah = tabungan or logam mulia
    3 - 5 tahun = reksadana campuran
    5 tahun ke atas = reksadana saham

    asuransi pendidikan kurang tepat, bisa baca di post sebelumnya :)

    untuk menggunakan produk - produk di atas, anda juga harus memahami betul masing2 produk yah, jgn lsg ambil aja...bisa baca ulasannya di aidilakbar.com or pantengin aja blognya ntr saya bahas :)

    ReplyDelete

 
BLOG DESIGN: 188* DESIGN STUDIO © 2010