Manage Your Money Wisely

Aduh blom sempet nge-blog si dini da ngebut update 3x.. g mau kalah ah.. hehehe

Ok since dini said that im more expert in managing my money walopun I don't know cara gw bener n ampuh ato g but I'm gonna tell u bit of my secret on how to manage your money. Sebenernya apa yg gw lakuin tu g bs instan lgs berhasil y,, hrs dgn kesabaran tingkat tinggi dan bisa menahan napsu shopping yg setannya byk bgt disekitar kt, hehehe :D

From my experience, from the first time I receive my monthly money in SMP, biasanya gw cm bawa duit yg cukup didompet untuk mkn harian selama semgg, nah klo ada kembalian biasanya gw simpen di amplop yg ntar klo da byk gw masukin ke tabungan. Selain itu ada cara unik jg yg sering gw lakuin up until now, yaitu never use a good condition money.. hahaha.. bisa stress g si klo didompet uang bagus smua trus ada brg lucu2.. bisa gatel ni tgn to spend it. Knp cara ini gw pakai, karena I hate uang jelek, sehingga uang itu akan gw usahain dipakai biar yg didompet uangnya bagus smua,, biasanya klo uang didompet jelek smua cara yg gw lakuin ada nuker tu duit biar jd bgs ke nykp.. hehehe.. cara yg ajaib but it works for me.

Nah klo untuk saat ini since I already working brarti byk pengeluaran dong, such as transport, lunch, pulsa hp, ave fun with friends, etc. Nah cara yg gw lakukan adalah dgn membagi uang itu kebeberapa tempat. So what I do every month after trima gaji adalah I take half of it n divided depends on kebutuhan sehari-hari,  sisanya ttp ditaro ditabungan buat jaga2 aja.. Klo dipikir2 brarti uang yg gw pk buat nabung gede bgt dong ampe 50% well, I did that because msh ada ortu yg byrin uang listrik, rmh, dll, klo gw ngekos sendiri uang itu akan dipakai buat byr n I’ll keep 10% of my gaji (minimum)for investment. So klo mau tny pny brp amplop si gw, aku ksh tau d gy baik ni,, hehehe :) I have 5 amplops; 1 untuk pulsa, 1 untuk transport + lunch (krn gw kerja di 2 kantor so ini penting bgt), uang ave fun (bisa dpake buat jalan ma tmn ato bli sesuatu), n amplop khusus untuk investasi (bisa dibagi lg ky buat bli RD, LM, dollar ato euro). Klo dipikir ribet si, tp this will help u untuk ttp konsisten ma diri sendiri untuk g spend ur money. Krn slh satu alasan kenapa lgs gw tarik tunai setengah dari gaji adalah so I can know where my money goes. Gw da ngebiasain diri gw unutk megang cash n bayar pake cash daripada bayar debit or with credit card.
So that's all bout my tips in manage ur monthly money. Hope it'll work for u!

tot zo girlz :D

Runi

3 comments:

  1. so it's mean pay with cash better than pay with debit???
    gosh i did it for many times cause i thought it worked better to save my money

    ReplyDelete
  2. hehehe debit bakalan di charge mahal kalau mesin nya bukan dari bank nya adel..tp mendingan tetep cash jadi ga main gesek terus...tp debit masih ok sih..asal jangan ntr jadi kebiasan terus malah bikin credit card...huaaaa spt kata runi ntr hidupnya cuma dari gali lubang tutup lubang..hehe..

    ReplyDelete
  3. thanx for the question.. klo saran gw mending bayar pake cash daripada pk debit.. karena klo dari pengalaman gw sendiri i prefer cash karena akan membantu gw manage money.. karena klo in ur mind byr bs mudah dgn debit, kamu akan blanja g ada rasa bersalah,, klo misalnya kamu bawa cash n uang kamu g ckp untuk shopping kamu akan berpikir mending ambil duit di ATM ato next time shoppingnya.. sebenernya itu smua kembali ke mind set yaaa :) tp emang si klo pk cash brarti hrs bawa duit byk n pasti mikir takut dicopet ato apa lah,, tp smua jg ada resikonya kan,, klo tas dicopet mau cash ato card pasti bs dipakai org, bener g?

    ReplyDelete

 
BLOG DESIGN: 188* DESIGN STUDIO © 2010