Reksa Dana/Mutual Fund/Unit Trust

Apa sih reksadana?kok kayanya tambah heboh aja dimana mana di bahas. Reksadana itu adalah suatu wadah di mana semua dana dari masyarakat yang masuk di kelola oleh manajer investasi yang berpengalaman sehingga dapat menghasilkan return yang maksimal.

Biasanya orang-orang masuk ke reksadana dulu sebelum berani masuk ke saham atau obligasi. Reksadana dibagi menjadi 4 jenis:
  • 1.       Reksadana pasar uang (untuk kebutuhan di bawah 1 tahun )
  • 2.       Reksadana pendapatan tetap - obligasi (1 -3 tahun)
  • 3.       Reksadana campuran – saham mixed obligasi/surat utang  (3 – 5 tahun)
  • 4.       Reksadana saham (5 tahun ke atas)

Gw pribadi sekarang sudah ada 3 reksadana saham, satu syariah dan 2 lagi konvensional. Reksadana saham biasanya di beli oleh  tipe investor yang agresif yang percaya dengan statement “high risk high return”. Padahal apapun profil resiko lo, lo tetep bisa bermain di RD saham untuk jangka panjang.



Wah klo main di RD saham bakalan ilang donk duit gw???bakalan ilang kalo lo ngambil untuk jangka pendek, tp kalau lo invest buat jangka panjang, let says lo mo beli rumah atau mobil dengan duit sendiri, kira-kira 10-15 tahun lagi, masukin aja tiap bulan kya nabung trus lupain …beberapa tahun kemudian lo check lagi…huaaa lo bakal kaget udah menjadi berapa banyak duit lo…trend saham itu selalu naik, walaupun pada tahun2 tertentu ekonomi memburuk terus harga2 saham pada rontok, tetapi dalam jangka panjang selalu mengalami kenaikan….jgn panik kaya orang-orang yang mengklaim diri mereka investor trus rame2 jual…prinsip dalam bermain reksadana adalah “Kalau harga rontok beli kalau harga naik jual”. Pada saat harga saham rontok, gw bukannya panik tapi malah kegirangan “HOREEE MEGA SALESSS DI BURSA” . 

Boss gw cerita, tahun lalu dia tampil di tv dan bilang ke audience waktu itu adalah waktunya beli karna harga saham lagi jeblok…para audience pada ngedengerin kata boss gw, ga tau nya sekarang udah ada yg bisa beli motor dsb dari hasil saham tadi. Bagaimana dengan yang panik terus ngejual??ya siapa suruh ngejual, yg ada malah jual di harga rendah toh..yah rugi deh lo….Terus gimana kalau gw tiba2 perlu duitnya??makanya girls, kalian harus tentukan tujuan keuangan dulu sebelum berinvestasi dan tentukan jangka waktu yang diinginkan. Pastikan kalian memiliki dana darurat dulu (baca post pertama gw) baru berinvestasi jadi kalau ada apa2 investasi kalian tidak akan terganggu.

Reksadana mahal ga sih masuknya????Nah siapa bilang, gw kasih bocoran aja deh ni salah satu bank international menawarkan banyak reksadana dari 4 jenis diatas dengan minimum pembelian 500rb dan bulan bulan selanjutnya kalau ada duitnya isi lagi 500rb. Kalau gw dari sekarang mendisiplinkan diri, sebelum duit yang gw terima gw belanjain, gw langsung masukin ke reksadana jadi ga diganggu gugat hehe…500rb masih kemahalan???langsung aja beli di perusahaan sekuritas nya, jadi tidak usah beli di bank-bank. Beberapa perusahaan sekuritas dapat menawarkan pembelian pertama hanya Rp.100,000 seterusnya per bulan kamu isi  minimum  Rp.100,000 juga …mampu donk kalian semuaa??masa belanja di zara ama mango aja mampu tp nyisihin duit 100rb buat masa depan ga mampu….




Keunggulan RD dari Deposito dan tabungan apa????tiap kita berinvestasi selalu mengandung resiko…biar tabungan dan deposito kalian juga memiliki resiko…baca donk post gw tentang inflasi…nah tabungan ato deposito itu resiko nya adalah termakan inflasi…inflasi konsumtif di Indonesia itu kira-kira 15% ke atas…Temen-temen sesama associate di kantor malah sampai survey ke pasar-pasar…dan kita hitung dari bulan nov,desember 2009 hingga januari 2010 kenaikan harga seperti beras, minyak goreng,cabe keriting,dll adalah lebih dari 20%...gila ga tuh…sedangkan tabungan kalian cuma kasih bunga 2% atau deposito 6% atau buat yang sistem syariah atau bagi hasil juga rata-rata kurang lebih sama (FYI BELUM DI POTONG AMA PAJAK)…..makanya maklum aja kalo nyokap di rumah mulai uring-uringan secara harga sembako pada naik semua. Sedangkan, reksadana SAHAM dapat memberikan return rata-rata 25% (ini kita ambil rata2nya aja sedangkan lo bisa sampe dapat 100% lebih return kalau emang performa RD nya tahun itu bagus) dan ga dipotong oleh pajak :D

SO girls, kalau kamu pengen memiliki asset sendiri (banyak lo cewek sekarang yang ga mo tergantung ma calon suami/suami buat memiliki rumah/kendaraan sendiri) maka persiapkan dari sekarang. Kalau kalian nanya gw, reksadana gw tujuan nya apa. well yang syariah, insya allah gw akan gunakan buat dana pensiun orang tua gw…mereka pegawai negri dan gw tau dana pensiun yang disediakan pemerintah ga sebanding dengan tingkat inflasi di masa pensiun yang akan datang dan gw juga ga mau pada saat mereka sakit atau apa mereka tidak mendapatkan the best care I can give. Sedangkan 2 reksadana yang lain, satunya gw bermimpi pengen punya condominium sendiri, memang baru bisa masukin 500rb perbulannya..mudah2an kedepannya karir gw bisa bikin gw masukin lebih dari 500rb per bulan ehhehe…. Sisa satu reksadana lagi..haha ini sih gw bikin perjanjian ama adek gw, kalau adek gw nilainya bagus2 IP nya pas kuliah memuaskan, gw mo bayarin adek gw sekolah di luar negri (kalo ga cukup buat kuliah ya cari beasiswa ya dek kakak nambahin aja wkakaka ) duit gw emang ga seberapa untuk saat ini, tapi dengan membuat tujuan2 seperti diatas, gw jadi semakin semangat buat mencapainya..

OK gotta go girls

Loadsa Love,
Dini

7 comments:

  1. din,keren bgt blog lo..smart!
    btw reksa dana paling bagus bwt pemula kyk gw,jangka waktu yg pling bagus brp lama yah?
    i know commonwealth bank,tp itu kan bank mayan agak baru di samarinda,menurut lo aman gak klo beli reksa dana di situ?
    gw jg tertarik dgn LM,krn jujur gw pengen investasi yg bagus,slama ini gw cuman muter tab. pribadi gw di tab.berencana aja ato deposit
    lo sndiri mulai beli LM dr yg brp gram?
    the most important,it will be worthed for us kan?

    ReplyDelete
  2. hei adel..thanks ya..jadi malu sayah haha..
    anyway..diatas gw dah tulis jangka waktu buat masing2 reksa dana...semua tergantung sama tujuan keuangan nya adel..kalau misalnya masih 5 tahun ke atas, let says mo traveling ke luar negri atau 10 - 15 tahun lagi pgn punya bisnis klinik sendiri (adel kedokteran kan yah) ya suda pasti masuk reksadana saham...sistemnya kya nabung aja tiap bulan..

    Bank itu cuma agent penjual,jadi ntr duitnya adel masuknya bukan ke rekening bank tersebut tetapi ke bank kustodiannya perusahaan sekuritas yang ngeluarin reksadana..adel tinggal pilih reksadana apa yang history 5 tahun ke atas kenaikannya bagus...bisa diliat ntr di fund fact sheet reksadana tersebut ...kalau masih bingung,hubungi gw aja sblm beli...

    Nah kalo reksadana saham buat jangka panjang, LM bisa adel gunain buat keperluan jangka pendek,menengah dan panjang...tergantung kebutuhan..LM 1 gram juga ada,cuma rugi biaya pembuatan nya...jadi terkecil sih aku saranin 5Gram...kumpulin aja duitnya dulu..bis itu beli hehe...

    Btw rekomendasi investasi buat tahun 2010 sih LM del...hehe..

    ReplyDelete
  3. halo dini
    blognya bagus bgt tq yah udah banyak sharing jadinya gw yg awam bgt soal investasi bisa lebih ngerti dikit2 hehe

    btw din tanya donks kalau mau invest ke reksadana yang mulainya dari 100rb itu kira2 yang paling bagus ke perusahaan sekuritas mana ya yang bisa dipercaya secara kan masih awam bgt soal ini,, (eh boleh nyebut merek ga ya?)

    trus untuk cara ngebaca/ngerti fund fact sheet itu gmn ya?
    apa nanti klo kita udah invest uangnya yang nentuin keseluruhan duit itu mau keman juga sekuritasnya ato gmn ya?

    tq ya din
    :)

    ReplyDelete
  4. Hei Ike, apa kabar?
    thanks ya commentnya...

    untuk mencari perusahaan sekuritas yang bagus kita harus liat sudah berapa lama perusahaan itu terbentuk, apa saja prestasi nya, liat juga apakah reksadana tersebut terdaftar di Bapepam (badan pengawas pasar modal)yang bisa di liat diwebsite mereka.

    Check perusahaan sekuritas seperti Manulife, Danareksa, dll!!reksadana mereka bisa di beli dengan modal 100rb aja (inget beli nya langsung di mereka ya,jangan melalui agent penjual,biasanya min pembelian lebih tinggi kecuali Ike memang pengen beli rd 500rb ke atas bisa tuh langsung beli di agent penjual)..

    Ok untuk ngebaca fund fact sheet (i assume ike sudah punya fund fact sheet at least salah satu perusahaan sekuritas)

    Nah di bagian kiri atas dulu nih
    Date of inception/launch date = Tanggal penerbitan reksadana tersebut.
    Logic nya kalau misalnya Ike berencana untuk membeli mobil 5 tahun lagi, jelas Ike harus mencari reksadana yang sudah lebih dari 5 tahun keberadaannya di market. Karena dari situ kita bisa melihat "oh si reksadana ini bisa bertahan dengan performa yang bagus selama lebih dari 5 tahun" ...udah ada recordnya donk...jadi Ike jangan memilih reksadana yang baru muncul misalnya taon 2008 or 2009...karena ga ada record ke belakang...

    Tricky nya sih kadang2 kita melihat kok performa yang reksadana baru2 lebih bagus sih dari yang lama2...telusuri lagi, biasanya bagus nya dalam jangka waktu pendek tp kalo jangka waktu panjang biasanya reksadana yang sudah lama malah lebih berkibar harganya..lagian kalau rd baru naiknya biasanya juga cuma bbrp point dari rd lama...

    Disebelah kanan kita akan melihat top 5 holdings (bbrp fund fact sheet top 5 holdings ada di bagian bawah bukan atas)...
    Nah disitu kita akan melihat dana2 kita majority masuk saham mana...

    Perusahaan sekuritas yang nentuin duit kita masuk di mana aja...jadi reksadana dikelola oleh manajer investasi yang berpengalaman di bidangnya...nah klo kita langsung main saham, jelas kita harus watch market terus donk...harus bisa menganalisa apakah saham itu akan turun atau akan naik, bagaimana performanya di bulan depan..apa yg terjadi pada saham kalau kejadian ini itu happening...jelas ribet bgt kan, klo yg ga punya waktu atau belum ngerti seluk beluk dunia saham, mendingan main di reksadana dulu karena dari sini kita dapat belajar melihat pergerakan market tanpa harus takut decision yg kita buat salah atau bener...karena sudah ada orang yang berpengalaman yg mengelola dana kita...

    hehe klo ada yang masih bingung, tanya aj ya...

    xx

    ReplyDelete
  5. Tambahan buat Ike :
    Di fund fact sheet kita dapat liat graph performa reksadana tersebut dan melihat berapa keuntungan yang mereka peroleh selama 1 tahun, 3 tahun atau sejak reksadana itu di terbitkan...

    lebih mudahnya patokan yang mereka pakai kan harga IHSG or JCI VS reksadana nya...klo rd yg kita beli lebih bagus performanya alias di graph tersebut berada di atas patokannya..berarti rd nya performanya outstanding... hehe

    ReplyDelete
  6. Kalo yang syariah baru keluar tahun 2008 gapapa atau engga c buat dibuat invest mba???
    Gak nemu yang syariah diatas 5 tahun soalnya mba..

    Lotta Thanks for information..

    ReplyDelete
  7. produk syariah memang masih baru bgt yah...tp ada kok yg sudah lama2..cuma kalau soal performa bisa diliat yg baru2 lebih melejit dan lbh terkenal...nita liat deh produk2 dari sekuritas local pasti ada yg sdh 5 taon..

    tp kalau buat gw sih, gw ksh exception buat yg syariah soalnya baru2 skrg kan ngeboomnya..kmrn2 pada mikir syariah pasti kalah jauh dgn konvensional dan hanya buat muslim saja..buktinya skrg non muslim byk yg seneng dgn produk2 syariah dan performa nya sama atau malah di atas yg konvesional utk bbrp produk

    so nita liat deh di antara semua produk2 yg nita tau...mana yang paling lama dan bagaimana performa produk tsb dibandingkan dgn yg konvensional...baca fund fact sheetnya yah dan cari2 info di inet ttg org2 yg menggunakan produk tsb..info is a power :)

    ReplyDelete

 
BLOG DESIGN: 188* DESIGN STUDIO © 2010